Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Virtual Berbasis Cardboard

  • Auzi Asfarian Institut Pertanian Bogor
  • Hengky Rachmadhani Institut Pertanian Bogor
  • Firman Ardiansyah Institut Pertanian Bogor

Abstract

Realitas virtual memerlukan mekanisme interaksi yang menggerakkan pengguna di dunia (locomotion). Hingga saat ini sudah banyak aplikasi realitas virtual yang dikembangkan, seperti pada bidang permainan, kesehatan, dan navigasi. Penelitian ini berfokus menemukan masalah usabilitas locomotion pada aplikasi realitas virtual. Aspek tersebut dievaluasi dengan beberapa locomotion yang berbeda terhadap tiga aplikasi permainan. Analisis ini dilakukan untuk mendapatkan ringkasan informasi berupa locomotion yang menjadi masalah pada ketiga aplikasi realitas virtual. Hasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing responden memiliki perbedaan kriteria pergerakan sistem yang efektif. Locomotion dengan tingkat kesulitan pergerakan yang berbeda akan berpengaruh pada masalah usabilitas dan memiliki efek samping yang berbeda. Locomotion movement 1:1 memiliki nilai modus tingkat ketidaknyamanan yang tinggi dengan skor 3, pengguna merasa sakit dan mengalami efek samping. Locomotion rail movement dan head-tracking movement memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi sehingga pengguna tidak merasa sakit dan tidak mengalami efek samping.

Kata Kunci: cardboard, interaksi, locomotion, realitas virtual, usabilitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-30
How to Cite
Asfarian, A., Rachmadhani, H., & Ardiansyah, F. (2020). Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Virtual Berbasis Cardboard. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(2), 135-144. https://doi.org/10.29244/jika.7.2.135-144
Section
Articles